MATUR NUWUN SAMPUN MAMPIR

Sabtu, 07 April 2012

KENALI DIRIMU DENGAN BAHASAMU KARENA BAHASAMU ADALAH KARAKTERMU



KENALI DIRIMU DENGAN BAHASA kaMU
KARENA BAHASAMU ADALAH KARAKTER kaMU
          Bahasa, merupakan alat komunikasi yang sudah ada sejak beribu-ribu tahun yang lalu. Saat ini bahasa sangatlah penting bagi kehidupan, karena bahasa selain untuk berkomunikasi dan bersosial, bahasa juga merupakan sebuah sarana untuk mengungkapkan suatu ekspresi. Bahasa memiliki bebagai macam dan bentuknya, sekaligus fungsinya. Ada yang disebut dengan bahasa lisan, bahasa isyarat dan yang paling susah di mengerti adalah bahasa yang terjadi bila muncul sebuah ekspresi. Uniknya bahasa selalu berkembang sesuai era yang dilaluinya. Dulu ada yang namanya bahasa Pakem (bahasa baku) kalau anak jaman sekarang menyebutnya bahasa Katrok. Kenapa disebut bahasa Katrok, karena bahasa tersebut kebanyakan hanya para lamsia atau seseorang yang lahir jauh dari akhir abad 20. Parahnya lagi mereka menganggap bahwa itu merupakan bahasa dongeng. Pada abad 21, sudah mulai banyak bahasa yang mengalami EVOLUSI BAHASA. Tidak hanya manusia, hewan, atau tumbuhan saja. Bahasa pun bisa, bahkan lebih cepat dari EVOLUSI SEBUAH KEHIDUPAN.
          Pada dasarnya, bahasa juga merupakan sebuah simbol atau perwujudan dari sifat seseorang. Bahasa dapat menjadi tolok ukur, bahkan bisa menjadi sebuah GAMBARAN akan jadi apa seseorang yang memiliki atau memakai bahasa tersebut. Karena judul dari artikel ini “KENALI DIRIMU DENGAN BAHASA kaMU
KARENA BAHASAMU ADALAH KARAKTER kaMU”, maka artikel ini akan membahas mengenai dampak dari bahasa yang dengan cepatnya membuat seuatu karater seseorang yan mengunakannya. Khususnya Indonesia.
Indonesia terdiri dari berbagai sug dan budaya, karena Indonesia merupakan negara yang paling banyak memiliki ras dan bahasa sebagai alat komunikasinya. Dengan adanya perbedaan tersebut, maka akan terjadi disunderstanding antar ras atau suku. Kemudian terbentuknya suatu bahasa baru yaitu bahasa Indonesia.
Bahasa Indonesia, pada dasarnya merupakan bahasa yang bersumber dari bahasa minang atau bahasa melayu. Kemudian menyebar luas ke seluruh Indonesia saat masyarakat minang melakukan perjalanan untuk berniaga atau mencari pendapatan diluar minang. Mereka menyebutnya “MERANTAU”. Seiring dengan waktu bahasa Indonesia pun mengalami evolusi bahasa. Sehingga bahasa Indonesia dibagi atas generasinya.
Menurut dekadenya bahasa Indonesia dibagi menjadi beberapa macam, uraiannya sebagai berikut:

1.       Bahasa Indonesia Melayu
Bahasa ini memiliki struktur bahasa yang bersifat khiasan dan murni. Bahasa ini digunakan saat bangsa Minang mulai menyebar ke seluruh Indonesia dan sampai saat ini masih digunakan. Tetapi bahasa ini akan lebih banyak di temukan dalam sebuah Karya Sastra.

2.       Bahasa Indonesia terapan
Bahasa ini merupakan bahasa yang hanya digunakan untuk melakukan sosialisasi. Bahasa jenis ini tidak memiliki struktur yang paten. Biasanya bahasa ini digunakan oleh semua kalangan. Tetapi, bahasa jenis ini dibagi lagi menurut pemakainya.

a.       Bahasa Indonesia Baku
Bahasa indonesia ini merupakan bahasa yang digunakan bahasa yang sifatnya formal. Biasanya digunakan oleh para kaum Intelek atau para kaum yang Berpendidikan. Tetapi saat ini bahasa ini hanya diaplikasikan dalam bentuk tulisan.
b.       Bahasa Indonesia semi Baku
Bahasa ini sedikit lebih dari pada bahasa Baku. Karena bahasa ini hanya digunakan oleh seorang yang sedang berkomunikasi dengan yang lebih tinggi dari orang tersebut dan terkadang bahasa ini digunakan untuk melatih seorang bayi untuk mengenali kata demi kata sehingga membentuk suatu kalimat. Selain itu juga bahasa ini merupakan bahasa pengantar untuk seseorang ketika merantau.
c.       Bahasa Indonesia tidak Buka
Bahasa ini derajatnya lebih rendah dari kedua bahasa di atas. Kerena bahasa ini biasanya digunakan oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah. Sifat dari bahasa ini adalah universal dan tidak memiliki struktur bahasa yang paten. Para penggunaanya selalu mencampur adukkan bahasa Indonesia dengan Bahasa Lokal.

3.       Bahasa Indonesia Modern (Perss)
Bahasa ini merupakan bahasa yang sudah mengadopsi dari bahasa lokal, tetapi membentuk suatu bahasa yang terstruktur. Bahasa ini bersifat Formal Universal. Banyak digunakan oleh mayarakat perss. Maksudnya para wartawan yang lebih banyak menggunakan bahasa jenis ini. Selain itu bahasa ini merupakan bahasa yang paling mudah dimengerti.

4.       Bahasa Indonesia Ekstrem (Gaul/Alay)
Bahasa ini merupakan bahasa yang digunakan oleh anak muda Indonesia sejak abad akhir abad ke 19. Pada awalnya bahasa ini di populerkan oleh seorang Artis Indonesia,  DEBBY SEHERTIAN. Bahasa ini merupakan bahasa yang bisa dibilang sebagai bahasa pemberontakan sebuah karakter bahasa. Karena bahasa ini jauh sekali dari struktur asli bahasa Indonesia.
Uniknya, bahasa ini lebih capat berkembang dari pada jenis bahasa yang lainnya. Padahal secara harfiah, bahasa ini sulit dipahami maksud dan tujuan dari bahasa tersebut.

Nah, itu lah kenapa bahasa merupakan perwujudan dari karakter seseorang.

Tidak ada komentar:

Dengan Bekerja Sama, Kita Pasti Bisa