MATUR NUWUN SAMPUN MAMPIR

Rabu, 04 April 2012

SI KAYA DENGAN TAMPANG MISKIN



Di bumi yang hijau ini, banyak sekali pulau-pulau yang belum tereksploitasi oleh manusia. Masih banyak tumbuhan yang hijau dan mineral yang berlimpah sehingga membuat daerah tersebut segagai daerah yang kaya. Tetapi apa yang akan anda bayangkan jika suatudaerh tersebut di atas atau daerah yang berlimpah tersebut di juluki SI MISKIN. Apakah maksud dari kalimat tersebut? Apakah ada tempat yang dimaksud itu?, jawabanya adalah ADA. Mau bukti chek it out.
Indonesia,merupakan negara yang begitu kaya akan Budaya, begitu kaya akan hasil pertaniannya, dan merupakan negara yang memiliki mineral yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dunia. Jadi Indonesia itu KAYA dan merupaka surga bagi para pembisnis dunia. Terus, kenapa Indonesia?.
Jika anda bertanya kenapa Indonesia, banyak para peneliti akan mengatakan bahwa yang membuat si kaya mempunyai tampang miskin karena SDM (Sumber Daya Manusia) mereka lebih rendah dari SDA (Sumber Daya Alam). Sehingga untuk mengeksplor yang mereka punya, mereka tidak memiliki cukup keahlian dan teknisi yang sesuai dengan bidangnya.
Kemudian anda akan berpikir apa saja yang Indonesia punya?. Indonesia memiliki banyak sekali tempat-tempat yang eksotis, menarik, dan bisa mengahasilkan banyak uang bagi negaranya. Misalkan saja, Indonesia merupakan negara maritim yang sebagaimana hasil lautnya yang melimpah. Indonesia bisa memanfaatkan itu sebagai suatu lahan investasi yang besar bagi dirinya, tetapi mereka sulit melakukannya. Kemudian tambang emas yang berada di irian jaya (Papua), disana terdapat banyak sekali emas, tetapi merekapun tidak bisa mengeksploitasi sebagai hak pribadi, melaindak di jual dan di kelola oleh perusahaan Amerika Serikat. Tidak hanya itu, Indonesia juga tidak bisa memanfaatkan kekayaan yang dia miliki sebagai sumber kehidupan yang lebih ramah lingkungan. Kenapa?
Karena sifat Indonesia yang dimana telah dimajakan oleh sesuatu yang bersifat INSTAN dan mereka berpikir bahwa ‘ini sudah modern, untuk apa kita berfikir untuk membuat yang baru, karena sudah ada yang membuat peralatan atau kebutuhan itu menjadi mudah. Hanya mengeluarkan uang kita senang’. Pernyataan ini akan anda temukan jika anda bertemu dengan orang-orang Indonesia yang lahir pada tahun 1980. Kenapa? Karena pada generasi setelah itu mereka baru menyadari bahwa mereka merupakan negara KAYA tetapi memiliki wajah MISKIN.

Tidak ada komentar:

Dengan Bekerja Sama, Kita Pasti Bisa